Tes HIV

Tidak ada gejala atau tanda-tanda khusus saat seseorang tertular HIV.

Kalau pernah berhubungan kelamin tanpa kondom atau menggunakan alat suntik bekas orang lain, kamu berisiko tertular virus ini.

Satu-satunya cara mengetahui apakah kamu mengidap HIV atau tidak adalah melalui pemeriksaan antibodi.

Tes HIV telah mengalami perkembangan. Sepuluh tahun lalu, konseling menjadi syarat wajib seseorang melakukan tes. Setelah konseling, orang yang berisiko tertular HIV harus secara sukarela menyerahkan darahnya untuk diuji laboratorium.

Kini antibodi HIV bahkan bisa diuji dari jaringan mukosa (selaput lendir) yang terdapat di mulut.

Dengan semakin tersedianya obat penekan perkembangbiakan virus (ARV), tes HIV kini juga semakin mudah dilakukan.

Ketik saja kata kunci “alat tes HIV” dalam mesin pencari di perambah (browser) internet, maka kamu akan menemukan situs-situs yang menyediakan alat tersebut.

Identitasmu memang lebih terlindungi dengan tes HIV mandiri. Tapi, kamu tetap harus memastikan hasil tes di layanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit. Terutama jika hasilnya positif.

Apa yang harus dilakukan jika hasil tes postif?

Sebaiknya sebelum melakukan tes, kamu mengumpulkan informasi yang cukup mengenai HIV. Pastikan kamu bisa memperoleh layanan profesional kesehatan atau mengenal seseorang yang sudah lebih dulu mengikuti terapi ARV.

Jadi, jika butuh bantuan lebih lanjut, kamu tidak harus panik.

Jika alat tes dan uji laboratorium menunjukkan kamu positif mengidap HIV, ada satu hal yang dapat dilakukan, yaitu mengikuti terapi ARV.

Yang kerap membuat galau seseorang saat mendapati hasil tesnya positif adalah fakta bahwa hingga kini, HIV tidak dapat dihilangkan dari tubuh manusia. Terapi ARV menjadi satu-satunya cara agar kamu bisa terhindar dari sekumpulan gejala penyakit akibat menurunnya kekebalan tubuh (AIDS).

Pilihan ada padamu. Membiarkan kekebalan tubuh digerogoti HIV, atau memastikan apakah kamu benar mengidap HIV untuk kemudian mengikuti terapi. Rumah Cemara sejak 2003 mendampingi orang-orang dengan HIV-AIDS, siap membantumu!

Tuh Gennnsss akses link web Rumah Cemara untuk mengetahui informasi seputar HIV dan Aids.

sumber : http://rumahcemara.or.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Product added successful