PIK Remaja CERIA AKBID YPSDMI Kab. Garut

Struktur Organisasi PIK-Remaja AKBID YPSDMI Garut

Pembina                              : Direktur AKBID YPSDMI JAWA BARAT

Penanggung Jawab         : Wadir III Bidang Kemahasiswaan

Pengurus

Ketua                                    : Tupah

Sekretaris                            : Tia Shintia

Bendahara                          : Ammia Nur Pratiwi

Konselor Sebaya               : Nurul Amalia

Sri Wulan Yuningsih

Pendidik Sebaya               : Novia Anggraeni

Ai Santi Gustini

Anggota                               : Ica Sri Novianti

Hilda Fauziah

Rosyi Paradita

Desy Puja Renika

Titik Siti Fatimah

Sejarah

Era globalisasi dewasa ini, memunculkan berbagai isu yang tidak ada hentinya khususnya kepada kehidupan remaja generasi masa kini. Era globalisasi menuntut segala aspek kehidupan dan seluruh masyarakat berubah lebih berkembang dan maju. Pada era ini, memperlihatkan kondisi bahwa dunia sudah semakin kecil. Dalam konteks informasi, dunia ini sudah menjadi satu, tidak ada lagi kotak-kotak yang membatasi wilayah satu dengan yang lainnya. Dengan adanya peran media (televisi, radio, majalah, internet) telah mempengaruhi gaya hidup dan moralitas remaja. Oleh sebab itu, pemberian pemahaman sebagai dasar pondasi remaja sangat penting utnuk mempersiapkan remaja agar terhindar dari permasalahan yang menyimpang dan dapat memilah informasi dan bergaul secara baik dan berprilaku efektif serta normatif dalam kegidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, dibentuklah PIK-Remaja Akbid YPSDMI sebagai salah satu sarana informasi sebagai salah satu upaya untuk membentengi mahasiswa dan memberikan pondasi kuat dalam segi pemahaman untuk mengahadapi globalisasi. PIK- Remaja Akbid YPSDMI sebenarnya pernah exist pada tahun 2014, dengan terpilihnya Siti Nafsul Muthmainah sebagai Duta Mahasiswa GenRe yang mewakili Kabupaten Garut pada tahun 2014. Tetapi, setelah kepengurusan Siti dkk berakhir terjadi kevacuman regenerasi dan pada akhirnya setelah rangkaian KIE dan advokasi Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Garut melalui Kelompok Kerja Pelayanan GenRe Garut, PIK-Remaja di kampus ini terbentuk kembali tanggal 05 januari 2017 yang diketuai oleh Tupah yang merupakan Duta GenRe terbaik 1 Jalur Pendidikan Kabupaten Garut. Dengan bermodalkan niat yang kuat untuk membentuk suatu wadah yang dapat memberikan informasi dan konseling bagi remaja, mulailah di bentuk PIK-Remaja Akbid YPSDMI hingga akhirnya seluruh warga Akbid YPSDMI mengetahui dan senantiasa antusias dengan segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh PIK-R.

Kegiatan yang dilakukan PIK-R di Akbid YPSDMI beragam, mulai dari memperkenalkan PIK-R, Sosialisasi, hingga kegiatan yang membuat mahasiswi yang lalai menjadi lebih aktif dan melakukan hal yang bermanfaat. PIK-R juga bekerjasama dengan Organisasi kampus seperti KEMA dan UKM Akbid YPSDMI sebagai salah satu penunjang tercapainya tujuan dibentuknya PIK-R Akbid YPSDMI agar mahasiswa tidak terjerumus dengan pergaulan yang bebas dan mengkhawatirkan. Selain dengan organisasi kampus PIK-R juga bekerjasama dengan Kemahasiswaan Akbid YPSDMI.

Visi dan Misi

  • Visi PIK-Remaja “CERIA” adalah :

Mewujudkan kehidupan yang berbahagia melalui pelayanan PIK-Remaja dalam memberikan dukungan dan membantu memecahkan dan menyelesaikan permasalaham Mahasiswi, agar mahasiswi dapat melanjutkan kehidupan dengan penuh percaya diri serta untuk membentuk Remaja yang Tau, Mau dan Mampu menjalankan perannya sebagai remaja yang berkualitas dan terhindar dari Triad Remaja untuk membentuk generasi emas yangg membawa perubahan baik bagi bangsa.

  • Misi PIK-Remaja “CERIA”adalah :
  • Mengenalkan PIK- R untuk pembentukan prilaku aktif dan Normatif dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan.
  • Meningkatkan jumlah Mahasiswi untuk memperoleh pelayanan informasi dan konseling PIK-R.
  • Memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Pendewasaan Usia Perkawinan, 8 Fungsi Keluarga, TRIAD Remaja (Seks bebas, menikah dini serta NAPZA).
  • Menyalurkan minat dan bakat mahasiswi pada kegiatan yang positif
  • 4M (Mengembangkan pengetahuan, Memahami dan mengarahkan, Memberikan Contoh atau Role Model dan Mengajak untuk ikut berpartisipasi).

Nomor Kontak:

Tupah: 085793539738

Alamat: Jl. H. Hasan Arief No. 2 Telp/Fax. (0262) 2802289 Tarogong Kaler Garut email officialakbidypsdmi@gmail.com

Product added successful