SAMBUT HARI REMAJA INTERNASIONAL, GENRENGERS KALIMANTAN TIMUR ADAKAN GENREVOLUTIONN BERTEMAN DAN SOSIALISASI SERENTAK DI 6 KABUPATEN

Bertempat di Hotel Grand Sawit Samarinda, 100 remaja Kalimantan Timur hadir untuk merayakan 20 tahun hari remaja Internasional pada hari Minggu, 12 Agustus 2018. Acara dibuka dengan penggantungan harapan dan statement dari perwakilan Kepala BKKBN, tamu undangan dan ketua Forum GenRe Kalimantan Timur pada pohon harapan. Mengambil tema Safe Space for the Youth remaja diharapkan dapat mengekspolarasi potensi dirinya didalam ruang yang aman, bebas dari kekerasan dan diskriminasi. Dalam sambutannya, Kepala BKKBN Kalimantan Timur yang dalam hal ini diwakili oleh bapak Drs. Ahmad Taqdir, M.Si (Sekretaris Badan Perwakilan BKKBN Kalimantan Timur) menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung para remaja dalam mengekspresikan dirinya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya BKKBN Kalimantan Timur untuk meningkatkan kualitas dan mempererat persaudaraan Genrengers Kalimantan Timur.

Setelah acara dibuka, Genrengers Kalimantan Timur yang dipimpin oleh Duta GenRe Puteri Jalur Pendidikan dan Masyarakat melakukan live report sosialisasi serentak yang dilakukan di 6 kabupaten yakni Paser, Bontang, Samarinda, Mahakam Ulu, Berau, dan Balikpapan. Sosialiasi tersebut melibatkan 22 kelompok PIK Remaja dan mendapatkan sambutan penuh antusias dari seluruh remaja di Kalimantan Timur. Dalam kegiatan tersebut hadir Wakil Ketua Pengurus Nasional GenRe Indonesia, M. Agni Rizki Santang yang menyampaikan motivasinya dihadapan seluruh pengurus dan genrengers Kalimantan Timur. Agni menyampaikan pentingnya keterlibatan remaja terutama pengurus Forum Genre Provinsi dalam proses perencanaan sampai dengan implementasi program BKKBN dalam rangka mewujudkan Ketahanan Remaja. Tidak sendirian, Nanda Rizka Saputri Ketua Bidang Perencanaan dan Pengembangan  Pengurus Nasional GenRe Indonesia juga turut hadir untuk menyampaikan materi Indikator Gerakan Indonesia Berkarakter GenRevolution Berteman (Bersih, Tertib, Mandiri).

Hari Remaja Internasional menjadi begitu berkesan ketika hadir banyak ide dan solusi segar dari para genrengers Kaltim. Pada kelompok bersih muncuk ide Trashsmart yang artinya tempat sampah pintar, memiliki fungsi sensor guna mengingatkan sampah yang masuk namun tidak dipilah. Dalam kelompok tertib, difokuskan dalam isu tertib lalu-lintas ide yang muncul adalah Trotoar Jera. Trotoar tersebut akan secara otomatis mengeluarkan paku jikalau terdapat ban motor melintas diatas trotoar, hal ini dimaksudkan sebagai efek jera agar pengguna jalan dapat memfungsikan trotoar dengan baik. Pada kelompok Mandiri, genrengers merespon rendahnya minat remaja terhadap komoditas pangan dalam negeri. Remaja masa kini lebih gemar mengkonsumsi fastfood padahal memiliki resiko membunuh tiga kali lipat lebih besar dibanding perang terbuka. Maka munculah ide iklan layanan masyarakat Makan aja dulu.. untuk mempromosikan makanan khas daerah juga mendorong diversivikasi pangan Indonesia. Terakhir di kelompok GenRevolution, dibagi kedalam isu Kependudukan dan Perkawinan Anak. Kelompok Kependudukan disepakati ide Kotak Memori yang berisi moment kebahagiaan untuk mengatasi konflik dalam keluarga. Ide ini muncul untuk meningkatkan indeks kebahagiaan penduduk Kalimantan Timur. Dan kelompok terakhir memiliki PasStop Project yang merupakan aktivitas prank untuk menumbuhkan kesadaran tentang dampak dari freesex. Prank ini diadakan ditempat-tempat gelap dan beresiko yang rawan perilaku freesex. Solusi ini muncul untuk merespon tingginya kehamilan tidak diinginkan yang menjadi faktor paling tinggi penyebab perkawinan anak.

Acara ditutup dengan pemaparan presentasi kreatif dari seluruh kelompok yang dibawakan dengan cara lucu dan unik. Pengurus Nasional GenRe Indonesia yang hadir berharap agar ide ini dapat diimplementasikan di Kalimantan Timur, dan mampu memberikan kontribusi atas segala permasalahan remaja disana.

 

credit for : Nanda Rizka Safitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Product added successful