Capacity Building GenRe Indonesia 2018

[15-09-2018]

Membangun karakter remaja visioner, berkarakter, inovatif dan kreatif.
nih gens kalo mau tau history kenapa harus namanya “GenRe” Bpk. DR. Sudibyo Alimoeso, MA program GenRe dibuat untuk menarik minat remaja yang awalnya diistilahkan sebagai PKBR, GenRe dibuat untuk lebih memperkenalkan program remaja secara lebih modern. Dibuatlah istilah GenRe yang lebih mudah diingat serta simbol salam GenRe yang menggambarkan tujuan dari GenRe.


Buktikan Genre Indonesia adalah program yang bermanfaat dengan komitmen yang tinggi untuk menjadi contoh bagi remaja, dengan bergabung di GenRe Indonesia sama halnya dengan membangun jalan, jalan yang akan membawa GenRe Indonesia, ada 6 kiat jitu menjadi pribadi kratif dan inovatif peka terhadap perubahan
1. Belajar dari orang keren
2. Bergerak aktif
3. Tuangkan semua ide (yang bermanfaat)
4. Percaya diri
5. Mulai beraksi.


Bergerak sendiri tanpa ada dukungan program yang kita bawa tentunya tidak akan maksimal gens dan ini anjuran mengapa GenRe harus bermitra?
1. Masalah-masalah rumit
2. Sumber daya terbatas
3. Fragmen sosial
4. Warga yang tidak loyal
5. Perubahan yang cepat
Sehingga GenRe Indonesia harus bisa mengejar beragam ketertinggalan dengan bermitra dengan menyatukan beragam perbedaan dan hambatan yang ada.
GenRe Indonesia harus menarik minat untuk orang lain bisa bergabung dan menjawab berbagai pertanyaan dan tantangan yang ada di masyarakat terutama di kalangan remaja, sehingga kemitraan yang dilakukan akan menimbulkan hasil dan manfaat yang diharapkan.

Komunikasi perlu diperkuat dan mempelajari tips berkomunikasi yang baik agar fase berjejearing hingga kemitraan dapat dilakukan dengan baik. Generasi Indonesia harus memiliki karakter agar dapat terus tumbuh dan memiliki kekuatan untuk terus tumbuh bersama.


Hari pertama capacity building di Bali bukan hanya sekedar melatih keterampilan hidup kita untuk mengelola program GenRe, tapi sekaligus pegenalan dan mensosialisasikan GenRe Indonesia yang sekarang bukan hanya sekedar kumpulan para remaja saja gens.

GenRe Indonesia yang sekarang sudah menjadi yayasan, ada hal menarik yang di sampaikan ayah Yani (Deputi KS PK BKKBN RI), Yayasan GenRe Indonesia dibentuk agar bisa menyelesaikan permasalahan remaja tidak hanya terpaku di pihak BKKBN tapi harus bisa berkolaborasi dengan pihak lain dan kiprah GenRe harus lebih luas berjejaring dengan kementrian, masyarakat dan LSM untuk menghadapi persoalan remaja.
Menurut Kak Anto sebagai ketua GenRe Indonesia, banyak sekali keuntungan yang bisa didapat setelah GenRe Indonesia menjadi yayasan, salah satunya adalah dengan kita sudah mempunyai akta notaris lebih memudahkan dalam mencari bantuan.

credit for : admin GenRe Indonesia – Ni Nengah Ayu Petra

One thought on “Capacity Building GenRe Indonesia 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *