WORKSHOP DIGITAL LEADERSHIP DAN PENYIAPAN PERENCANAAN KEHIDUPAN BERKELUARGA BAGI REMAJA MELALUI PENGUATAN PERAN PIK REMAJA DAN BKR

Halooo GenRengers Indonesiaaaa!!! Pada 18 – 22 Maret 2019 kemarin, telah dilaksanakan kegiatan Workshop Digital Leadership dan Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja Melalui Penguatan Peran PIK Remaja dan BKR sekaligus Launching Official Website GenRe Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Horison, Jawa Barat yang dihadiri oleh 165 Peserta yang terdiri dari Ayah Bunda dan Teman-teman GenRe diseluruh Indonesia sebagai salah satu Program Prioritas Nasional Pemerintah Tahun 2019.

Rangkaian kegiatan ini terdiri dari Pemaparan Materi oleh beberapa narasumber dan Teknik Fasilitasi yang diberikan oleh TIM Fasilitator dari Forum GenRe Indonesia, Perwakilan Widyaiswara dan kaka-kaka Dithanrem BKKBN

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi “Family 4.0 dalam kebijakan pembangunan keluarga” oleh Ayah Dr. dr. M. Yani, M.Kes, PKK. Beliau membahas, di era revolusi industri banyak perilaku-perilaku menyimpang dan tantangan yang akan dihadapi, salah satunya perkembangan teknologi, menurut ayah kedepannya akan banyak pekerjaan yang akan digantikan oleh pekerjaan robot, untuk itu sudah saatnya kita mempersiapkan dengan matang lifeskills yang kita miliki agar dapat menghadapi tantangan tersebut, Prepare yourself and be ready Guysss!!

Selanjutnya materi disampaikan oleh Ayah Drs. Agus Sukiswo, Ak., MM., CA., mengenai Pengendalian Proyek Prioritas Nasional Tahun Anggaran 2019. Menurutnya, kelemahan yang sering ditemukan adalah dokumentasi dan kompetensi yang sifatnya perorangan, padahal dokumen merupakan rekam jejak yang baik atas suatu kejadian. Perlu dilakukannya audit seperti audit kinerja dan audit keuangan untuk tujuan tertentu. Kemudian materi mengenai Pemantapan proyek prioritas nasional promosi dan konseling kespro berbasis komunitas yang disampaikan oleh Ayah drg. Widwiono, M.Kes. menurutnya banyak mitra-mitra yang dapat digunakan untuk menyebarkan materi proyek prioritas nasional, salah satunya pengoptimalisasian peran-peran poktan untuk proyek prioritas nasional.

Dihari ketiga dilaksanakan Teknik Fasilitasi oleh TIM Fasilitator yang dibagi menjadi 5 Kelompok yaitu (GenRe-GenRe Serigala Aaauuu, Kucing Mihaw, Ular tak bertangga, Bebek Wekwek, dan  Kambing mbee) kegiatan teknik fasilitasi ini diawali oleh Fasilitasi materi Pubertas oleh TIM fasilitator dan dilanjut dengan Fasilitasi oleh masing-masing Provinsi dengan materi yang telah diundi. Sungguh, semua provinsi sangat kreatif dan luar biasa sekali dalam melakukan fasilitasi guysss!!

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan refrensi dan cara Teknik fasilitasi yang mudah dalam melakukan pemaparan materi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja di provinsi masing-masing.

Dihari ke empat sebelum melanjutkan kelas Teknik Fasilitasi, diawali dengan pemaparan materi mengenai Branding Akun Sosial Media oleh Kak Iwan Setiawan, menurutnya, GenRe Indonesia sudah memiliki tempat tersendiri oleh sebagian masyarakat indonesia, terutama Remaja Indonesia, untuk itu sangat diperlukan konten-konten yang menarik dan unik di sosial media, selain itu konten yang disebarluaskan harus pula informatif agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh seluruh Pembacanya.

Dihari terakhir, sebelum ayah bunda dan teman-teman GenRe Indonesia Kembali ke Provinsi masing-masing, beberapa Perwakilan Provinsi menyampaikan Rencana Aksi yang akan dilakukan di Provinsi, Kabupaten, Kota terkait Program PRO PN ini.

#DemiRemajaIndonesia

credit for : admin GenRe Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *