Mau Jago Public Speaking? Ini dia Tips and Tricks nya!

Mempunyai Kemampuan dalam Public Speaking adalah hal yang didambakan banyak orang. Bagaimana tidak, kemampuan public speaking merupakan tuntutan hampir semua profesi seperti Guru, Pendidik Sebaya, Manajer, Pendakwah, Instruktur, Presenter, MC/Pembawa acara, dan lain lain.
Dengan menguasi public speaking kamu akan lebih percaya diri dan memiliki kesempatan yang luas untuk mengaktualisasikan segala potensi kamu di hadapan banyak orang.
Jago dalam Public Speaking bukan hanya bakat, semua orang bisa melakukanya dengan baik, Berikut Tips and Tricks buat kamu bisa jago public speaking.

  1. Talk about What You Know (Bicara tentang apa yang kamu ketahui)
    Kamu jangan pernah berpikir nggak percaya diri untuk berbicara di depan banyak orang karena alasan nggak punya pengetahuan yang lebih. Hal mudah yang bisa kamu lakukan adalah Menceritakan pengalaman dan hobby kamu ke orang lain. Siapa yang tau, pengalaman kamu mungkin aja bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain.
  2. Pahami apa yang mau kamu sampaikan, bukan menghafal.
    Ketika kamu berbicara di hadapan banyak orang, sebaiknya kamu nggak menghafal semua isi atau konten yang akan kamu sampaikan, karena kalau kamu lupa satu kalimat saja, waah itu akan mengkacaukan semua nya dan kamu pasti akan grogi abis. Kamu cukup memahami dan menghafal intinya saja. Untuk mempermudah, kamu bisa banget buat poin-poin inti yang mau kamu sampaikan, setelah itu kamu cukup lakukan improvisasi dan gunakan teknik bercerita.
  3. Confidence is an Important Point
    Modal yang paling penting buat kamu jago public speaking adalah percaya diri. Buang jauh-jauh rasa minder dan malu, percaya diri aja dalam menyampaikan statement, karena hal ini bisa menarik audience buat ngedengerin apa yang kamu sampaikan. Mau sebanyak apapun pengetahuan yang kamu miliki kalau kamu nggak memiliki rasa percaya diri, kamu nggak akan bisa membagikan ilmu yang kamu miliki.
  4. Gunakan Bahasa Tubuh (Body Language)
    Terkadang ada beberapa tipe orang yang hanya diam dan berdiri disatu titik dalam menyampaikan informasi di depan umum. Padahal, ini terkesan monoton, audience akan bosan dan nggak tertarik lagi buat ngedengerin pesan yang disampaikan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan bahasa tubuh dan kamu harus kuasai panggung sebagai pendukung saat kamu berbicara di depan umum. Bahasa tubuh juga merupakan hal yang bisa mempertegas informasi yang kamu sampaikan guys.
  5. Jangan berhenti untuk Berlatih.
    Practice Makes Perfect adalah semboyan yang paling pas buat kamu jago public speaking. Seperti yang disampaikan diawal kalau kemampuan public speaking bukan hanya bakat, semua orang bisa melakukannya dengan baik, caranya adalah terus berlatih dan jangan bosan buat latihan. Karena untuk bisa menguasai apa yang mau kamu sampaikan satu-satunya cara adalah dengan latihan. Dengan begitu, kamu bisa tau apa yang kurang dan harus diperbaiki. Bicara di depan cermin merupakan teknik berlatih yang bisa kamu lakukan guys.
  6. Harus Melek dan Peka pada Kesempatan yang ada.
    Hal sederhana buat kamu bisa jago public speaking adalah berani ambil kesempatan bicara di hadapan umum, misalnya menjadi pemandu upacara, menjadi pembawa acara (MC) di acara sekolah atau kampus, dan apapun itu yang bisa buat kamu take action untuk berbicara di hadapan umum. semakin banyak kamu menjadi pembicara maka semakin banyak pula kamu belajar. Kunci kamu bisa mahir dan jago Public Speaking adalah jam terbang.

2 thoughts on “Mau Jago Public Speaking? Ini dia Tips and Tricks nya!

  1. Ardita jessita putri says:

    Raihlah cita-cita kalian hingga sukses jangan kalian berehenti meraih hanya karna ekonomi yang tidak memadai dan tundalah pernikahan dini

  2. Ni luh indri astuti says:

    Makinn keceee+++++ nihh. Boleh request artikel ngga min? Tips how to be a good counselor dong min tanpa menyesatkan kliennya😂😂😂
    Thankyouu min💛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Product added successful