Cerita-cerita dan Pengalaman Inspiratif Para Pengurus PIK Remaja

Buyung Pardamean – Sumatera Barat

Sebelumnya saya tidak tahu apa itu PIK R dan duta GenRe.2013 adalah awal saya mengenal akan namanya Duta GenRe bersamaan dengan adanya pemilihan duta mahasiswa GenRe tingkat kota padangpanjang 2013. Iseng-iseng berpartisipasi, alhamdulillah dapat kesempatan jadi pemenang. Pada tahun itu juga pemenang dapat kesempatan studi tour bersama pembina dan pengurus PIK R se kota Padang Panjang. Alhamdulillah kita berkunjung ke BKKBN RI disambut dengan materi program GenRe dan besoknya berkunjung ke PIK R SMAN 5 Bekasi yang menjadi pemenang penilaian PIK R tingkat nasional di lombok puncak acaranya.

Berbekal dari studi tour dan keharusan adanya SK PIK R sebagai syarat mengikuti pemilihan duta mahasiswa GenRe tingkat prov sumatra barat, maka pada waktu itu didirikan lah UKM PIK M di tingkat fakultas seni pertunjukkan. Saya diberi jabatan sebagai ketua PIK M dan Ditahun 2014 berdiri PIK M ART ISI padangpanjang hingga saat ini.

By the way jadi pengurus PIK R Tidak lah mudah, sebab harus multi sabar apalagi di kampus yang notabene nya seni susah sekali untuk mengumpulkan pengurus yang begitu banyak kegiatan perkuliahan. Setahun menjabat rasanya belum banyak yang bisa diberikan karena keterbatasan ruang, pada waktu itu kita belum punya sekretariat. Di tahun berikutnya hingga saat ini sekretariat PIK M-ART ada di UKM yang dibidangi oleh kemahasiswaan.

Selama bergabung di PIK R tentunya banyak sekali ilmu yang didapatkan. Salah satunya pengetahuan merencanakan kehidupan berkeluarga bagi remaja, triad KRR, life skills dan 8 subtansial GenRe lainnya. Selain itu juga mendapatkan menjadi pembicara bersama kegiatan workshop dan sosialisasi pengetahuan GenRe oleh kantor PPKB kota padangpanjang. Hingga saat ini tentunya ilmu yang didapatkan selama bergabung di PIK M ART adalah modal penting dalam merancang masa depan yang bebas dari resiko permasalahan remaja.

Ai Hamidah – Jawa Barat

Assalamua’laikum wr. Wb.

Hallo gens, apa kabar nih semua? Perkenalkan nama saya Ai Hamidah asal dari PIK Remaja Rumah Remaja Batujajar Kabupaten Bandung Barat, saya ingin sedikit bercerita nih gens tentang bagaimana saya bisa aktif dan berkecimpung di dunia PIK Remaja .. saya bergabung di PIK Remaja itu tahun 2005 pada saat itu sedang duduk di Kelas XI berarti hamper 15 tahun saya bergabung dan aktif di PIK Remaja, yang pertama kali ngajakin gabung di PIK Remaja adalah guru saya yaitu Bapak Dadan Zainal Abidin, STP. Beliau berpengaruh besar dalam keaktifan saya di PIK Remaja.

PIK Remaja benar2 menjadi wadah buat saya mengembangkan diri, meningkatkan rasa percaya diri, mendorong kualitas diri lebih terasah dan terarah itu sebagian maanfaat yang saya rasakan bergabung 15 tahun di PIK remaja dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang saya rasakan sampai sekarang. 

PIK Remaja juga memberi pengaruh besar dalam banyak hal terutama dalam pekerjaan dan pendidikan saya. Untuk pendidikan saya bisa mendapatkan beasiswa kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung kenapa bisa seperti itu karena dengan gabung di PIK Remaja jaringan atau jejaring bertambah luas, tentunya informasi ataupun wawasan bertambah, selain beasiswa kuliah dalam dunia pendidikan pun saya bisa membangun sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Untuk pekerjaan PIK Remaja menjadi jalan saya sampai dititik ini saya sekarang bekerja menjadi salah satu staff di DInas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung Barat. Sebenarnya kalo ingin ngebahas selama 15 tahun saya dapat apa dan merasakan apa pasti bakal panjang banget nih gens jadi nanti kita sambung lagi hehe.. terima kasih gens sudah menyimaak cerita singkat ini..

Wassalamua’laikum wr. wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *