Amos Frederick pemuda asal Papua yang penuh dengan inspirasi

Ini adalah cerita nyata dari salah satu GenRenggeerrsss asal Provinsi Papua.

Awal menjadi Duta GenRe hinggal bisa bertemu Menteri dan paling keren bisa ngobrol langsung sama Presiden Republik Indonesia.

yukkk kita simak ceritanya.

Hallo teman-teman, Salam GenRe
Perkenalkan, saya Amos Frederick Worisio dari Forum GenRe Provinsi Papua.


Pertama kali saya dengar mengenai GenRe adalah tentang Duta GenRe itu sendiri pada tahun 2014 dari kakak tingkat saya di kampus yg pada waktu menjadi Duta Mahasiswa GenRe Provinsi Papua, lalu saya mulai mempersiapkan diri saya untuk mengikuti ajang tersebut, pada akhirnya di tahun 2017 saya mengikuti pemilihan Duta GenRe, namun saya saat itu mendaftar tidak mewakili PIK-R karena belum tergabung dalam PIK-R, saya waktu itu mendaftar melalui jalur masyarakat dan Puji Tuhan dapat Juara 3 tingkat provinsi.


saya tertarik dengan berbagai isu-isu yg dibawakan oleh program GenRe karena hal-hal tersebut berkaitan erat dengan kehidupan saya sehari-hari yaitu Kesehatan Reproduksi yg di dalamnya membahas tentang pendidikan seksualitas, pendewasaan usia perkawinan, bahaya NAPZA dan HIV & ADIS serta pembekalan Life Skills atau Keterampilan Hidup.
Menjadi Remaja GenRe bagi saya merupakan satu langkah besar yg menambah kapasitas diri saya selama ini karena di wadah ini saya menjadi agen perubahan bagi teman-teman sebaya saya sebagai contoh saya menyebarkan informasi terkait kesehatan reproduksi agar teman-teman remaja lainnya bisa terhidar dari berbagai masalah prilaku beresiko seperti nikah dini, seks beresiko, dan NAPZA mengingat bahwa Provinsi Papua memiliki angka penderita HIV cukup tinggi,
Secara pribadi saya mengalami peningkatan kapasitas diri dari sisi kemampuan Membangun Jejaring bersama anak muda laiinya, berkolaborasi, dan berkomunikasi yaitu Public Speaking karena sebagai remaja GenRe kita harus selalu siap menyebarkan informasi pada banyak orang dan tentu hal tersebut sangat menambah kepercayaan diri saya dari hari ke hari.


pada tahun 2018 saya terpilih mewakili Forum GenRe Papua untuk mengikuti kegiatan Hari Keluarga Nasional di Manado, Sulawesi utara. bersama dengan perwakilan remaja-remaja dari seluruh Indonesia kita mengikuti kegiatan-kegiatan yang sangat melatih kreativitas yaitu GENREVOLUTION yang dilaksanakan oleh kakak-kakak GenRe Indonesia. Namu yg paling berkesan bagi saya adalah pada puncak acara HARGANAS 2018 waktu itu dihadiri oleh Ibu Puan Maharani selaku Menteri Kemenko PMK waktu itu. waktu itu Ibu Puan memberikan kesempatan kepada kita-kita remaja-remaja, siapa yang mau naik ke panggung dan berdiskusi dengan Ibu. kita semua berlomba mengangkat tangan, saya bersaing dengan ratusan remaja-remaja lainnya dan apa yang terjadi, saya dipilih oleh Ibu Puan,

saya kemudian ditanyai oleh Ibu Puan terkait kegiatan-kegiatan yang telah saya ikuti bersama dengan GenRe dan saya menjawab semampu saya dan juga menyisipkan penjelasan bahwa remaja-remaja di Papua juga menghadapi masalah yang tidak beda jauh dari remaja di wilayah lainnya dan kami tidak tertinggal, setelah itu saya diberi kesempatan untuk menyanyi lagu yg berjudul Tatinggal di Papua dihadapan ribuan hadirin acara saat itu, yg juga hadir Ibu Menteri PPPA, Yohana Yambise, Kepala BKKBN Pusat, Gubernur Sulawesi Utara, Walikota Manado, dan Pejabat Negara.


11 September 2019 kita ada 24 anak muda Papua yg berprestasi dan berkontribusi dari berbagai macam bidang seperti Aviasi, Literasi, Pendidikan, Robotika, Kesehatan dll, kita di undang ke Istana Negara untuk menceritakan berbagai pencapaian dan aktifitas kita di masyarakat kepada Presiden dan Para Menteri, khusus saya waktu itu mewakili bidang Sosial Kesehatan karna latar belakang saya dari GenRe Indonesia Provinsi Papua..


Berdiri dan berdiskusi dengan salah satu orang besar di Negara ini merupakan kebanggan bagi saya tapi satu hal juga yg menjadi kebanggan saya yg terbesar lainnya adalah bisa mengenal teman-teman remaja dari provinsi lain yg merupakan agen-agen perubahan bagi Masa Depan Indonesia
satu pesan yg mau saya titipkan adalah “Jangan khawatir akan masa depan mu, justru dirimu adalah masa depan itu sendiri, tidak ada seorang pun yang akan mempengaruhi masa depan mu selain dirimu sendiri yang pertama melakukan perubahan. Mari berubah demi Masa Depan Indonesia karena Indonesia adalah Kita”
Salam GenRe

One thought on “Amos Frederick pemuda asal Papua yang penuh dengan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *